Kamis, 05 April 2012

Hukum Tukar Cicin


>> >> Hukum Tukar Cicin <<

Bismillah...Alhamdulillah,shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad,keluarga dan sahabatnya.

Fenomena tukar cincin sdh biasa kita saksikan di saat_saat pernikahaan,saat tunangan dan lamaran,Namun sebagian besar yg melakukan ceremonial tersebut tidak mengetahui bagaimana Islam menghukumi hal ini. Barangkali pula mereka tdk mengetahui apa hukum mengenakan emas bagi pria. Bahkan ada ulama yg menyatakan bahwa tukar cincin bisa mengandung keyakinan syirik. Agar menghilangkan penasaran sahabat fillah simak penjelasan ini.

~ Dengarkan Sabda Nabimu Shallallahu 'alaihi wa sallam ~

Hai ikhwah... Ketahuilah bahwa emas berupa gelang,cincin dan kalung haram bagi seorang pria.lantas siapa yang melarang ??

Tentu saja kita mengatakan haram bukan hanya asal-asalan. Namun tentu ada dalilnya.Dan kita ddiperintahkan untuk taat pada Rasul shallallahu 'alaihi wa sallam jika lisan beliau melarang sesuatu. Dalilnya adalah hadist berikut ini..

"Dari Abu Musa,Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda " Emas dan sutra dihalalkan bagi para wanita dari ummatku, namun diharamkan bagi para pria ".(HR An Nasai no.5148 dan Ahmad 4/392,Syaikh Al A'bani mengatakan bahwa hadist ini shahih ). Ini dalil umum mengenai perhiasaan emas bagi pria.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah bertemu seorang lelaki yg memakai cincin emas di tangannya. Beliau mencabut cicin tersebut lalu melemparnya, kemudian bersabda :::
"Seseorang dari kalian sengaja mengambil bara api neraka dgn meletakkan (cincin emas semacam itu) di tanganmu " lalu ada yang mengatakan lelaki tadi setelah Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam pergi, "Ambillah dan manfaatkan cincin tersebut". Ia berkata, " Tidak demi ALLAH Saya tidak akam mengambil cincin itu lagi selamanya karena Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam telah membuangnya." (HR Muslim no.2090,dari hadist Abdullah bin Abbas)

Apa Hukum pria menggunakan logam mulia selain emas ? Perlu diketahui bahwa mwnggunakan perak tidaklah masalah bagi pria,bahkan hal ini disepakati para ulama. Yang jadi rujukan mereka adalah hadist dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu,ia berkata :::

"Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam pernah menulis atau ingin menulis.Ada yg yg mengatakan padanya,mereka tdk membaca kitab kecuali dicap. Kemudian beliau mengambil cincin perak yg terukir nama "Muhammad Rasulullah" seakan-akan saya melihat putihnya tangan beliau. (HRBukhari no.65 dan Muslim no.2092) disebutkan bahwa perak bagi pria dibolehkan dalam tiga penggunaan yaitu pedang,cincin dan mushaf.

Dan tidak diperbolehkan pula memakai cincin dari campuran emas,tidak boleh memakai kacmata,pena,jam tangan yg ada campuran emas-nya.Intinya lelaki tidak diperbolehkan berhias dengan emas secara mutlak " ( Muntaqa Fatawa Al Fauzan,jilid 5 fatwa no 450)

Jika tukar cincin dengan emas,maka masalahnya adalah cincin emas haram bagi pria, tidak bagi wanita.Jika ada yang bertukar cincin dgn logam selain emas (walau jarang ditemukan), apa tidak masalah ??? Jawabnya , tetap bermasalah dan dikritik oleh para ulama.

Syaikh Sholeh Al Munajjid hafizhohullah dalam website Al islam sual wal jawab berkata. "Cincin kawin BUKANLAH tradisi kaum muslimin, Jika diyakini cincin tersebut punya sebab yg dpt mengikat ikatan cinta antara suami istri, dan jika cincin tersebut dilepas dapat mengannggu hubungan keduanya, maka hal ini bisa dikatakan SYIRIK dan masuk dalam keyakinan jahiliyah. Ditambah lagi emas haram bagi pria, maka cincin kawin tidaklah diperbolehkan sama sekali. Kami dapat rincian alasannya :::

1. Karena cincin kawin tidak ada kebaikkan sama sekali dan hanya merupakan tradisi yg diimpor oleh kaum muslimin dari orang kafir.

2. Jika yg menggenakan cincin kawin tersebut mengganggap bahwa cincin itu bisa berpengaruh dalam langgengnya pernikahan,maka hal ini bisa masuk dalam kesyirikan (karena menyadarkan sebab pada sesuatu yg buka sebab sama sekali ) LAA HAWLA QUWWAT ILLA BILLAH, tidak ada daya dan upaya untuk berlindung dari kesyirikann kecuali dengan pertolongan ALLAH. Demi faedah yg kami peroleh dari fatwa syaikh shalih Al Fauzan " (Fatwa Al Islam Sual Wal Jawab no. 21441).

Semoga bermanfaat !!!
<<

Bismillah...Alhamdulillah,shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad,keluarga dan sahabatnya.

Fenomena tukar cincin sdh biasa kita saksikan di saat_saat pernikahaan,saat tunangan dan lamaran,Namun sebagian besar yg melakukan ceremonial tersebut tidak mengetahui bagaimana Islam menghukumi hal ini. Barangkali pula mereka tdk mengetahui apa hukum mengenakan emas bagi pria. Bahkan ada ulama yg menyatakan bahwa tukar cincin bisa mengandung keyakinan syirik. Agar menghilangkan penasaran sahabat fillah simak penjelasan ini.

~ Dengarkan Sabda Nabimu Shallallahu 'alaihi wa sallam ~

Hai ikhwah... Ketahuilah bahwa emas berupa gelang,cincin dan kalung haram bagi seorang pria.lantas siapa yang melarang ??

Tentu saja kita mengatakan haram bukan hanya asal-asalan. Namun tentu ada dalilnya.Dan kita ddiperintahkan untuk taat pada Rasul shallallahu 'alaihi wa sallam jika lisan beliau melarang sesuatu. Dalilnya adalah hadist berikut ini..

"Dari Abu Musa,Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda " Emas dan sutra dihalalkan bagi para wanita dari ummatku, namun diharamkan bagi para pria ".(HR An Nasai no.5148 dan Ahmad 4/392,Syaikh Al A'bani mengatakan bahwa hadist ini shahih ). Ini dalil umum mengenai perhiasaan emas bagi pria.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah bertemu seorang lelaki yg memakai cincin emas di tangannya. Beliau mencabut cicin tersebut lalu melemparnya, kemudian bersabda :::
"Seseorang dari kalian sengaja mengambil bara api neraka dgn meletakkan (cincin emas semacam itu) di tanganmu " lalu ada yang mengatakan lelaki tadi setelah Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam pergi, "Ambillah dan manfaatkan cincin tersebut". Ia berkata, " Tidak demi ALLAH Saya tidak akam mengambil cincin itu lagi selamanya karena Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam telah membuangnya." (HR Muslim no.2090,dari hadist Abdullah bin Abbas)

Apa Hukum pria menggunakan logam mulia selain emas ? Perlu diketahui bahwa mwnggunakan perak tidaklah masalah bagi pria,bahkan hal ini disepakati para ulama. Yang jadi rujukan mereka adalah hadist dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu,ia berkata :::

"Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam pernah menulis atau ingin menulis.Ada yg yg mengatakan padanya,mereka tdk membaca kitab kecuali dicap. Kemudian beliau mengambil cincin perak yg terukir nama "Muhammad Rasulullah" seakan-akan saya melihat putihnya tangan beliau. (HRBukhari no.65 dan Muslim no.2092) disebutkan bahwa perak bagi pria dibolehkan dalam tiga penggunaan yaitu pedang,cincin dan mushaf.

Dan tidak diperbolehkan pula memakai cincin dari campuran emas,tidak boleh memakai kacmata,pena,jam tangan yg ada campuran emas-nya.Intinya lelaki tidak diperbolehkan berhias dengan emas secara mutlak " ( Muntaqa Fatawa Al Fauzan,jilid 5 fatwa no 450)

Jika tukar cincin dengan emas,maka masalahnya adalah cincin emas haram bagi pria, tidak bagi wanita.Jika ada yang bertukar cincin dgn logam selain emas (walau jarang ditemukan), apa tidak masalah ??? Jawabnya , tetap bermasalah dan dikritik oleh para ulama.

Syaikh Sholeh Al Munajjid hafizhohullah dalam website Al islam sual wal jawab berkata. "Cincin kawin BUKANLAH tradisi kaum muslimin, Jika diyakini cincin tersebut punya sebab yg dpt mengikat ikatan cinta antara suami istri, dan jika cincin tersebut dilepas dapat mengannggu hubungan keduanya, maka hal ini bisa dikatakan SYIRIK dan masuk dalam keyakinan jahiliyah. Ditambah lagi emas haram bagi pria, maka cincin kawin tidaklah diperbolehkan sama sekali. Kami dapat rincian alasannya :::

1. Karena cincin kawin tidak ada kebaikkan sama sekali dan hanya merupakan tradisi yg diimpor oleh kaum muslimin dari orang kafir.

2. Jika yg menggenakan cincin kawin tersebut mengganggap bahwa cincin itu bisa berpengaruh dalam langgengnya pernikahan,maka hal ini bisa masuk dalam kesyirikan (karena menyadarkan sebab pada sesuatu yg buka sebab sama sekali ) LAA HAWLA QUWWAT ILLA BILLAH, tidak ada daya dan upaya untuk berlindung dari kesyirikann kecuali dengan pertolongan ALLAH. Demi faedah yg kami peroleh dari fatwa syaikh shalih Al Fauzan " (Fatwa Al Islam Sual Wal Jawab no. 21441).

Semoga bermanfaat !!!

~* TANTANGAN ISTRI UNTUK SUAMI *~


~* TANTANGAN ISTRI UNTUK SUAMI *~

Ada seorang istri memberikan Tantangan kepada suaminya untuk hidup tanpa dirinya.Dia minta kepada suaminya untuk tidak ada komunikasi sama sekali di antara mereka selama sehari..

Si istri berkata kepada suaminya itu, ”Bila engkau bisa melewati itu, aku akan mencintaimu selamanya”.

Dan sang suami pun setuju. Dia tidak sms / telpon istrinya seharian..
Tanpa si suami ketahui bahwa istrinya hanya memiliki 24 jam untuk hidup, karena dia terkena kanker..

Keesokan harinya sang suami itu pulang ke rumah. Air matanya pun tiba-tiba menetes melihat istrinya sudah terbaring dengan surat di tangan yang bertuliskan “Engkau Berhasil Sayang, bisakah engkau lakukan itu setiap hari..? Sungguh aku sangat cinta engkau duhai suamiku"

~.~ ~.~ ~.~

Don’t Ever lost contact with someone you love, you’ll never know what’s gonna happen the next day, or the day after that...( Jangan Pernah kehilangan kontak dengan seseorang yang Engkau cintai, Engkau tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi keesokan harinya, atau sehari setelah itu ..)

~.~ ~.~ ~.~

Jangan Cintai Seseorang Setinggi Langit Karena Langit Bisa Runtuh..
Jangan Cintai Seseorang Sedalam Lautan Karena Lautan Bisa Surut..
Jangan Cintai Seseorang Sebesar Dunia Karena Dunia Bisa Hancur…
Cukup Cintai Seseorang Seujung Kuku, Walau Kecil, Walau Selalu Dipotong, Ia Akan Selalu Tumbuh...

SUBHANALLAH

Semoga Bermanfaat

Ada seorang istri memberikan Tantangan kepada suaminya untuk hidup tanpa dirinya.Dia minta kepada suaminya untuk tidak ada komunikasi sama sekali di antara mereka selama sehari..

Si istri berkata kepada suaminya itu, ”Bila engkau bisa melewati itu, aku akan mencintaimu selamanya”.

Dan sang suami pun setuju. Dia tidak sms / telpon istrinya seharian..
Tanpa si suami ketahui bahwa istrinya hanya memiliki 24 jam untuk hidup, karena dia terkena kanker..

Keesokan harinya sang suami itu pulang ke rumah. Air matanya pun tiba-tiba menetes melihat istrinya sudah terbaring dengan surat di tangan yang bertuliskan “Engkau Berhasil Sayang, bisakah engkau lakukan itu setiap hari..? Sungguh aku sangat cinta engkau duhai suamiku"

~.~ ~.~ ~.~

Don’t Ever lost contact with someone you love, you’ll never know what’s gonna happen the next day, or the day after that...( Jangan Pernah kehilangan kontak dengan seseorang yang Engkau cintai, Engkau tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi keesokan harinya, atau sehari setelah itu ..)

~.~ ~.~ ~.~

Jangan Cintai Seseorang Setinggi Langit Karena Langit Bisa Runtuh..
Jangan Cintai Seseorang Sedalam Lautan Karena Lautan Bisa Surut..
Jangan Cintai Seseorang Sebesar Dunia Karena Dunia Bisa Hancur…
Cukup Cintai Seseorang Seujung Kuku, Walau Kecil, Walau Selalu Dipotong, Ia Akan Selalu Tumbuh...

SUBHANALLAH

Semoga Bermanfaat

Cara Mendaftar BlackBerry Beta Zone dari Indonesia


Cara Mendaftar BlackBerry Beta Zone dari Indonesia

Published by ayi_kenz on March 15, 2012 | Comments Off

Cara Mendaftar BlackBerry Beta Zone dari Indonesia

Pengguna BlackBerry di Indonesia belum diizinkan mengikuti BlackBerry Beta Zone. Namun dengan sedikit kecerdikan, kita bisa mendaftar di BlackBerry Beta Zone dengan cara sebagai berikut.. Cara Mendaftar BlackBerry Beta Zone dari Indonesia diulas oleh rismaka pada May 16, 2011. Berikut ulasan tentang Cara Mendaftar BlackBerry Beta Zone dari Indonesia selengkapnya. 4.9

Sampai dengan tulisan ini dibuat (16 Mei 2011), Pengguna BlackBerry di wilayah Indonesia masih belum diizinkan mengikuti program BlackBerry Beta Zone. Namun dengan sedikit kecerdikan, kita bisa mengikuti atau mendaftar di BlackBerry Beta Zone untuk mengunduh aplikasi-aplikasi yang masih dalam tahap pengembangan (Beta).

Untuk mendaftar di BlackBerry Beta Zone, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

Buka situs webproxy.tw dari komputer atau BlackBerry anda (komputer lebih disarankan).

Masukan alamat pendaftaran BlackBerry Beta Zone (https://www.blackberry.com/beta/apply), kemudian tekan tombol “Surf Now”.

Akan terbuka halaman pendaftaran BlackBerry Beta Zone. Isilah formulir yang wajib diisi. Ingat, anda di sini mendaftar sebagai warga USA. Maka isilah dengan alamat di negara USA. Bila alamat yang diajukan ditolak, mungkin anda bisa mencoba mencontek alamat berikut in:

Address: (Bebas – Silakan karang sendiri)

City: Midwest City

State: Oklahoma

Country: United States

Zip/Postal Code: 73130

Lengkapilah formulir isian email, password untuk login, dan PIN BlackBerry anda. Password harus terdiri dari 3 kombinasi huruf kecil, huruf besar/kapital, dan angka. Misal: ConTOhPasswoRD9873.

Setelah semuanya terisi, maka klik tombol submit pendaftaran. Segera setelah itu, anda akan dikirim email konfirmasi.

Bukalah link konfirmasi tersebut, dan selamat, anda sudah tergabung di BlackBerry Beta Zone sebagai warga negara USA

Bila sudah terdaftar, maka bila anda hendak menjajal aplikasi-aplikasi yang masih beta, sebaiknya anda langsung mengaksesnya melalui BlackBerry anda, karena aplikasi-aplikasi tersebut hanya bisa diinstal melalui over the air (OTA).

Anda dapat menjajal aplikasi-aplikasi yang masih beta, seperti Facebook for BlackBerry 2.0, BlackBerry Messenger 6.0, Twitter for BlackBerry smartphones 2.0, dan banyak lagi. Silakan mencoba.

Catatan: Maaf, tulisan di atas tidak disertai gambar agar memudahkan diakses oleh pengguna perangkat mobile.

Filed in: Applications, Blackberry, Browser, IM / Social Networking, Multimedia, Office, Photo & Video, Shopping, Utilities

CIKRIK de KICK : Blog Dofollow Kumpulan Puisi, Tips Ngeblog Dan Artikel Kesehatan: Cerita ABG Cantik Bernama Eysa

CIKRIK de KICK : Blog Dofollow Kumpulan Puisi, Tips Ngeblog Dan Artikel Kesehatan: Cerita ABG Cantik Bernama Eysa: Cerita ABG Cantik Bernama Eysa - Ceritanya melanjutkan review blog seperti yang sudah-sudah dulu. Dari review pertama tentang 'Soewoeng' sa...

CIKRIK de KICK : Blog Dofollow Kumpulan Puisi, Tips Ngeblog Dan Artikel Kesehatan: Daftar Blog Dofollow 'Khusus' Blogspot

CIKRIK de KICK : Blog Dofollow Kumpulan Puisi, Tips Ngeblog Dan Artikel Kesehatan: Daftar Blog Dofollow 'Khusus' Blogspot: Daftar Blog Dofollow Khusus Blogspot - Sudah lama rasanya ingin menulis tentang daftar blog dofollow dengan platform blogspot. Namun kare...

Berdebat Tanpa Ilmu


Berdebat Tanpa Ilmu

وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يُجَادِلُ فِي اللهِ بِغَيْرِ عِلْمٍ وَلاَ هُدًى وَلاَ كِتَابٍ مُنِيْرٍ. ثَانِيَ عِطْفِهِ لِيُضِلَّ عَنْ سَبِيْلِ اللهِ لَهُ فِي الدُّنْيَا خِزْيٌ وَنُذِيْقُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ عَذَابَ الْحَرِيْقِ. ذَلِكَ بِمَا قَدَّمَتْ يَدَاكَ وَأَنَّ اللهَ لَيْسَ بِظَلاَّمٍ لِلْعَبِيْدِ

“Dan di antara manusia ada orang-orang yang membantah tentang Allah tanpa ilmu pengetahuan, tanpa petunjuk, dan tanpa kitab (wahyu) yang bercahaya dengan memalingkan lambungnya untuk menyesatkan manusia dari jalan Allah. Ia mendapat kehinaan di dunia dan di hari kiamat. Kami merasakan kepadanya adzab neraka yang membakar. (Akan dikatakan kepadanya): ‘Yang demikian itu, adalah disebabkan perbuatan yang dikerjakan oleh kedua tangan kamu dahulu dan sesungguhnya Allah sekali-kali bukanlah penganiaya hamba-hamba-Nya’.” (Al-Hajj: 8-10)

Penjelasan Beberapa Mufradat Ayat
ثَانِيَ عِطْفِهِ
“Memalingkan lambung atau lehernya.” Ini merupakan gambaran bahwa dia tidak menerima dan berpaling dari sesuatu.
Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhuma mengatakan: “Ia menyombongkan diri dari kebenaran jika diajak kepadanya.”
Mujahid, Qatadah, dan Malik dari Zaid bin Aslam mengatakan: “Memalingkan lehernya, yaitu berpaling dari sesuatu yang dia diajak kepadanya dari kebenaran, karena sombong.” Seperti firman-Nya:
وَفِي مُوْسَى إِذْ أَرْسَلْنَاهُ إِلَى فِرْعَوْنَ بِسُلْطَانٍ مُبِيْنٍ. فَتَوَلَّى بِرُكْنِهِ وَقَالَ سَاحِرٌ أَوْ مَجْنُوْنٌ
“Dan juga pada Musa (terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah) ketika Kami mengutusnya kepada Fir’aun dengan membawa mukjizat yang nyata. Maka dia (Fir’aun) berpaling (dari keimanan) bersama tentaranya, dan berkata: ‘Dia adalah seorang tukang sihir atau seorang gila’.” (Adz-Dzariyat: 38-39)
Ibnu Jarir At-Thabari rahimahullahu berkata: “Yang benar dari penafsiran tersebut adalah dengan mengatakan bahwa sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala menyifati orang yang mendebat tentang Allah Subhanahu wa Ta’ala ini tanpa ilmu, bahwa itu karena kesombongannya. Jika diajak kepada jalan Allah Subhanahu wa Ta’ala, dia berpaling dari yang mengajaknya, sambil memalingkan lehernya dan tidak mau mendengar apa yang dikatakan kepadanya dengan berlaku sombong.” (Tafsir At-Thabari)
لِيُضِلَّ
“Untuk menyesatkan.” Ada yang mengatakan bahwa huruf lam dalam ayat ini adalah menjelaskan tentang akibat. Maknanya yaitu yang berakibat dia menyesatkan (manusia) dari jalan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Pendapat ini dikuatkan oleh Al-Qurthubi rahimahullahu dalam tafsirnya. Adapula yang mengatakan bahwa huruf lam tersebut sebagai ta’li, yang berarti bertujuan untuk menyesatkan manusia dari jalan Allah Subhanahu wa Ta’ala. (lihat Tafsir Ibnu Katsir dan Al-Qurthubi)

Penjelasan Makna Ayat
Asy-Syaikh Abdurrahman As-Sa’di rahimahullahu tatkala menjelaskan ayat ini, mengatakan:
“Perdebatan tersebut bagi seorang muqallid (yang mengikuti satu perkataan tanpa dalil). Perdebatan ini berasal dari setan yang jahat yang menyeru kepada berbagai bid’ah. Maka Allah Subhanahu wa Ta’ala mengabarkan bahwa dia mendebat tentang Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan cara mendebat para rasul Allah Subhanahu wa Ta’ala dan para pengikutnya dengan cara yang batil dalam rangka menggugurkan kebenaran, tanpa ilmu yang benar dan petunjuk. Dia tidak mengikuti sesuatu yang membimbingnya dalam perdebatannya itu. Tidak dengan akal yang membimbing dan tidak pula dengan seseorang yang diikuti karena hidayah. Tidak pula dengan kitab yang bercahaya, yaitu yang jelas dan nyata. Dia tidak memiliki hujjah baik secara aqli maupun naqli, namun hanya sekedar menampilkan syubhat-syubhat yang dibisikkan oleh setan kepadanya.

(Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman):
وَإِنَّ الشَّيَاطِيْنَ لَيُوْحُوْنَ إِلَى أَوْلِيَائِهِمْ لِيُجَادِلُوْكُمْ
“Sesungguhnya setan itu membisikkan kepada kawan-kawannya agar mereka membantah kamu.” (Al-An'am: 121)

Bersamaan dengan itu, dia memalingkan lambung dan lehernya. Ini merupakan gambaran tentang kesombongannya dari menerima kebenaran serta menganggap remeh makhluk yang lain. Dia merasa bangga dengan apa yang dia miliki berupa ilmu yang tidak bermanfaat, serta meremehkan orang-orang yang berada di atas kebenaran dan al-haq yang mereka miliki. Akibatnya, dia menyesatkan manusia, yaitu dia termasuk ke dalam penyeru kepada kesesatan. Termasuk dalam hal ini adalah semua para pemimpin kufur dan kesesatan. Lalu (Allah Subhanahu wa Ta’ala) menyebutkan hukuman yang mereka dapatkan di dunia dan akhirat.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
لَهُ فِي الدُّنْيَا خِزْيٌ
“baginya di dunia kehinaan.” Yaitu, dia akan menjadi buruk di dunia sebelum di akhirat.
Dan ini termasuk tanda-tanda kekuasaan Allah Subhanahu wa Ta’ala yang menakjubkan, di mana tidaklah engkau mendapati seorang da’i yang menyeru kepada kekafiran dan kesesatan melainkan dia akan dimurkai di jagad raya ini. Ia mendapatkan laknat, kebencian, celaan, yang berhak ia peroleh.

Setiap mereka tergantung keadaannya.
وَنُذِيْقُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ عَذَابَ الْحَرِيْقِ
“Dan Kami akan merasakan kepadanya pada hari kiamat adzab neraka yang membakar.”
yaitu Kami akan menjadikan dia merasakan panasnya yang dahsyat dan apinya yang sangat panas. Hal itu disebabkan apa yang telah dia amalkan. Dan sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak berlaku dzalim terhadap hamba-hamba-Nya. (Taisir Al-Karim Ar-Rahman)
Ibnu Katsir rahimahullahu berkata: “Tatkala Allah Subhanahu wa Ta’ala menyebutkan keadaan orang-orang sesat yang jahil dan hanya bertaqlid dalam firman-Nya:
وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يُجَادِلُ فِي اللهِ بِغَيْرِ عِلْمٍ وَيَتَّبِعُ كُلَّ شَيْطَانٍ مَرِيْدٍ
“Di antara manusia ada orang yang membantah tentang Allah tanpa ilmu pengetahuan dan mengikuti setiap setan yang sangat jahat.” (Al-Hajj: 3)
Lalu Allah Subhanahu wa Ta’ala menyebut dalam ayat ini keadaan para penyeru kepada kesesatan dari tokoh-tokoh kekafiran dan kesesatan. Yaitu, di antara manusia ada yang mendebat tentang Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan tanpa ilmu, tanpa hidayah, dan tanpa kitab yang bercahaya, yaitu tanpa akal sehat dan tanpa dalil syar’i yang benar dan jelas. Namun hanya sekedar akal dan hawa nafsu. (Tafsir Ibnu Katsir)

Terjadi perselisihan di kalangan para ulama tentang siapa yang dimaksud dalam ayat ini. Ada yang mengatakan bahwa yang dimaksud adalah An-Nadhr bin Al-Harits dari Bani Abdid Dar, tatkala dia berkata bahwa para malaikat ini merupakan anak-anak perempuan Allah. Adapula yang mengatakan yang dimaksud adalah Abu Jahl bin Hisyam, dan ada lagi yang mengatakan bahwa yang dimaksud adalah Al-Akhnas bin Syuraiq. Namun ayat ini mencakup setiap yang mendebat tentang Allah Subhanahu wa Ta’ala yang berakibat menolak kebenaran dan menjauhkan manusia dari jalan Allah Subhanahu wa Ta’ala, baik dia orang kafir, munafik, atau dari kalangan ahli bid’ah.
Diriwayatkan dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu 'anhuma tatkala beliau menjelaskan makna “ia memalingkan lehernya untuk menyesatkan manusia dari jalan Allah”: “Dia adalah ahli bid’ah.” (lihat Tafsir Al-Qurthubi)

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullahu berkata: “mendebat tentang Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan tanpa ilmu” ini merupakan celaan terhadap setiap orang yang mendebat tentang Allah Subhanahu wa Ta’ala tanpa ilmu. Juga merupakan dalil yang menunjukkan bolehnya (berdebat) bila dengan ilmu, sebagaimana yang dilakukan oleh Ibrahim ‘alaihissalam dengan kaumnya.” (Majmu’ Fatawa, 15/267)

Berdebat, antara yang Boleh dan yang Terlarang
Terdapat nash-nash yang menjelaskan tentang tercelanya berdebat dalam agama Allah Subhanahu wa Ta'ala. Di antaranya adalah firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:
مَا يُجَادِلُ فِي آيَاتِ اللهِ إِلاَّ الَّذِيْنَ كَفَرُوا فَلاَ يَغْرُرْكَ تَقَلُّبُهُمْ فِي الْبِلاَدِ
“Tidak ada yang memperdebatkan tentang ayat-ayat Allah, kecuali orang-orang yang kafir. Karena itu janganlah pulang balik mereka dengan bebas dari suatu kota ke kota yang lain memperdayakan kamu.” (Ghafir: 4)
dan firman-Nya:
إِنَّ الَّذِيْنَ يُجَادِلُوْنَ فِي آيَاتِ اللهِ بِغَيْرِ سُلْطَانٍ أَتَاهُمْ إِنْ فِي صُدُوْرِهِمْ إِلاَّ كِبْرٌ مَا هُمْ بِبَالِغِيْهِ فَاسْتَعِذْ بِاللهِ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
“Sesungguhnya orang-orang yang memperdebatkan tentang ayat-ayat Allah tanpa alasan yang sampai kepada mereka tidak ada dalam dada mereka melainkan hanyalah (keinginan akan) kebesaran yang mereka sekali-kali tiada akan mencapainya, maka mintalah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat.” (Ghafir: 56)

Telah diriwayatkan dari hadits Aisyah radhiyallahu 'anha berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
أَبْغَضُ الرِّجَالِ إِلىَ اللهِ اْلأَلَدُّ الْخَصِمُ
“Orang yang paling dibenci Allah adalah yang suka berdebat.” (Muttafaq Alaihi)
Juga dari hadits Abu Umamah radhiyallahu 'anhu berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
مَا ضَلَّ قَوْمٌ بَعْدَ هُدًى كَانُوا عَلَيْهِ إِلاَّ أُوْتُوا الْجَدَلَ. ثُمَّ تَلاَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ هَذِهِ اْلآيَةَ: {مَا ضَرَبُوْهُ لَكَ إِلاَّ جَدَلاً بَلْ هُمْ قَوْمٌ خَصِمُوْنَ}
“Tidaklah tersesat satu kaum setelah mendapatkan hidayah yang dahulu mereka di atasnya, melainkan mereka diberi sifat berdebat.” Kemudian Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:
مَا ضَرَبُوْهُ لَكَ إِلاَّ جَدَلاً بَلْ هُمْ قَوْمٌ خَصِمُوْنَ
“Mereka tidak memberikan perumpamaan itu kepadamu melainkan dengan maksud membantah saja, sebenarnya mereka adalah kaum yang suka bertengkar.” (Az-Zukhruf: 58) [HR.Tirmidzi dan Ibnu Majah, dihasankan Al-Albani t dalam Shahih Al-Jami’ no. 5633]

Abdurrahman bin Abiz Zinad berkata: “Kami mendapati orang-orang yang mulia dan ahli fiqih -dari orang-orang pilihan manusia- sangat mencela para ahli debat dan yang mendahulukan akalnya. Dan mereka melarang kami bertemu dan duduk bersama orang-orang itu. Mereka juga memperingatkan kami dengan keras dari mendekati mereka.” (lihat Al-Ibanah Al-Kubra 2/532, Mauqif Ahlis Sunnah, Asy-Syaikh Ibrahim Ar-Ruhaili 2/591)

Demikian pula Al-Imam Ahmad rahimahullahu mengatakan: “Pokok-pokok ajaran As-Sunnah menurut kami adalah: berpegang teguh di atas metode para sahabat Rasul Shallallahu ‘alaihi wa sallam, mengikuti mereka, dan meninggalkan bid’ah. Dan setiap bid’ah adalah sesat. Dan meninggalkan pertengkaran serta duduk bersama pengekor hawa nafsu, juga meninggalkan dialog dan berdebat serta bertengkar dalam agama ini.” (Syarh Al-Lalika`i, 1/156, Mauqif Ahlis Sunnah, Ar-Ruhaili 2/591)

Wahb bin Munabbih rahimahullahu berkata: “Tinggalkan perdebatan dari perkaramu. Karena sesungguhnya engkau tidak akan terlepas dari menghadapi salah satu dari dua orang: (1) orang yang lebih berilmu darimu, lalu bagaimana mungkin engkau berdebat dengan orang yang lebih berilmu darimu? (2) orang yang engkau lebih berilmu darinya, maka bagaimana mungkin engkau mendebat orang yang engkau lebih berilmu darinya, lalu dia tidak mengikutimu? Maka tinggalkanlah perdebatan tersebut!” (Lammud Durr, karangan Jamal Al-Haritsi hal. 158)
Namun di samping dalil-dalil yang melarang berdebat tersebut di atas, juga terdapat nash-nash lain yang menunjukkan kebolehannya. Di antara yang menunjukkan bolehnya berdebat adalah firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:
ادْعُ إِلَى سَبِيْلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيْلِهِ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِيْنَ
“Serulah (manusia) kepada jalan Rabbmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Rabbmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.” (An-Nahl: 125)

Dan Allah Subhanahu wa Ta’ala menyebutkan beberapa kisah debat antara Rasul-Nya dengan orang-orang kafir. Seperti kisah Ibrahim ‘alaihissalam yang mendebat kaumnya. Demikian pula debat Nabi Musa ‘alaihissalam dengan Fir’aun, dan berbagai kisah lainnya yang disebutkan dalam Al-Qur`an. Demikian pula dalam hadits Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang menyebutkan perdebatan antara Nabi Adam dan Musa ‘alaihissalam, sebagaimana yang disebutkan dalam riwayat Al-Bukhari dan Muslim dari hadits Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu.

Ibnu Rajab rahimahullahu berkata: “Banyak dari kalangan imam salaf mengatakan: Debatlah kelompok Al-Qadariyyah dengan ilmu, jika mereka mengakui maka mereka membantah (pemikiran mereka sendiri). Dan jika mereka mengingkari, maka sungguh mereka telah kafir.”
Demikian pula banyak terjadi perdebatan di kalangan ulama salaf, seperti yang terjadi antara ‘Umar bin Abdil ‘Aziz rahimahullahu dengan Ghailan Ad-Dimasyqi Al-Qadari, Ibnu ‘Abbas radhiyallahu 'anhuma yang mendebat kelompok Khawarij, Al-Auza’i rahimahullahu yang berdebat dengan seorang qadari (pengikut aliran Qadariyyah), Abdul ‘Aziz Al-Kinani rahimahullahu dengan Bisyr bin Ghiyats Al-Marisi Al-Mu’tazili, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullahu dengan para tokoh ahli bid’ah, serta yang lainnya, yang menunjukkan diperbolehkannya melakukan dialog dan debat tersebut. (Mauqif Ahlis Sunnah, 2/597)

Apa yang telah kami sebutkan di atas menunjukkan bahwa dalam masalah berdebat, tidak dihukumi dengan sikap yang sama. Namun tergantung dari keadaan, tujuan, dan maksud dari perdebatan tersebut. An-Nawawi rahimahullahu berkata:
“Jika perdebatan tersebut dilakukan untuk menyatakan dan menegakkan al-haq, maka hal itu terpuji. Namun jika dengan tujuan menolak kebenaran atau berdebat tanpa ilmu, maka hal itu tercela. Dengan perincian inilah didudukkan nash-nash yang menyebutkan tentang boleh dan tercelanya berdebat.”

Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-’Utsaimin rahimahullahu berkata: “Pertengkaran dan perdebatan dalam perkara agama terbagi menjadi dua:
Pertama: dilakukan dengan tujuan menetapkan kebenaran dan membantah kebatilan. Ini merupakan perkara yang terpuji. Adakalanya hukumnya wajib atau sunnah, sesuai keadaannya. Berdasarkan firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:
ادْعُ إِلَى سَبِيْلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيْلِهِ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِيْنَ
“Serulah (manusia) kepada jalan Rabbmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Rabbmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.” (An-Nahl: 125)
Kedua: dilakukan dengan tujuan bersikap berlebih-lebihan, untuk membela diri, atau membela kebatilan. Ini adalah perkara yang buruk lagi terlarang, berdasarkan firman-Nya:
مَا يُجَادِلُ فِي آيَاتِ اللهِ إِلاَّ الَّذِيْنَ كَفَرُوا
“Tidak ada yang memperdebatkan tentang ayat-ayat Allah, kecuali orang-orang yang kafir.” (Ghafir: 4)
Dan firman-Nya:
وَجَادَلُوا بِالْبَاطِلِ لِيُدْحِضُوا بِهِ الْحَقَّ فَأَخَذْتُهُمْ فَكَيْفَ كَانَ عِقَابِ
“Dan mereka membantah dengan (alasan) yang batil untuk melenyapkan kebenaran dengan yang batil itu; karena itu Aku adzab mereka. Maka betapa (pedihnya) adzab-Ku.” (Ghafir: 5) [Mauqif Ahlis Sunnah, 2/600-601]

Ibnu Baththah rahimahullahu berkata: “Jika ada seseorang bertanya: ‘Engkau telah memberi peringatan kepada kami dari melakukan pertengkaran, perdebatan, dan dialog (dengan ahlul bid'ah). Dan kami telah mengetahui bahwa inilah yang benar. Inilah jalan para ulama, jalan para sahabat, dan orang-orang yang berilmu dari kalangan kaum mukminin serta para ulama yang diberi penerangan jalan. Lalu, jika ada seseorang datang kepadaku bertanya tentang sesuatu berupa berbagai macam hawa nafsu yang nampak dan berbagai macam pendapat buruk yang menyebar, lalu dia berbicara dengan sesuatu darinya dan mengharapkan jawaban dariku; sedangkan aku termasuk orang yang telah Allah Subhanahu wa Ta’ala berikan ilmu tentangnya serta pemahaman yang tajam dalam menyingkapnya. Apakah aku tinggalkan dia berbicara seenaknya dan tidak menjawabnya serta aku biarkan dia dengan bid’ahnya, dan saya tidak membantah pendapat jeleknya tersebut?’
Maka aku akan mengatakan kepadanya: Ketahuilah wahai saudaraku –semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala merahmatimu– bahwa orang yang seperti ini keadaannya (yang mau mendebatmu), yang engkau diuji dengannya, tidak lepas dari tiga keadaan:
(1) Adakalanya dia orang yang engkau telah mengetahui metode dan pendapatnya yang baik, serta kecintaannya untuk mendapatkan keselamatan dan selalu berusaha berjalan di atas jalan istiqamah. Namun dia sempat mendengar perkataan mereka yang para setan telah bercokol dalam hati-hati mereka, sehingga dia berbicara dengan berbagai jenis kekufuran melalui lisan-lisan mereka. Dan dia tidak mengetahui jalan keluar dari apa yang telah menimpanya tersebut, sehingga dia bertanya dengan pertanyaan seseorang yang meminta bimbingan, untuk mendapat solusi dari problem yang dihadapinya dan obat dari gangguan yang dialaminya. Dan engkau memandang bahwa dia akan taat dan tidak menyelisihinya.

Orang yang seperti ini, yang wajib atasmu adalah mengarahkan dan membimbingnya dari berbagai jeratan setan. Dan hendaklah engkau membimbingnya kepada Al-Kitab dan As-Sunnah serta atsar-atsar yang shahih dari ulama umat ini dari kalangan para sahabat dan tabi’in. Semua itu dilakukan dengan cara hikmah dan nasihat yang baik. Dan jauhilah sikap berlebih-lebihan terhadap apa yang engkau tidak ketahui, lalu hanya mengandalkan akal dan tenggelam dalam ilmu kalam. Karena sesungguhnya perbuatanmu tersebut adalah bid’ah. Jika engkau menghendaki sunnah, maka sesungguhnya keinginanmu mengikuti kebenaran namun dengan tidak mengikuti jalan kebenaran tersebut adalah batil. Dan engkau berbicara tentang As-Sunnah dengan cara bukan As-Sunnah adalah bid’ah. Jangan engkau mencari kesembuhan saudaramu dengan penyakit yang ada pada dirimu. Jangan engkau memperbaikinya dengan kerusakanmu, karena sesungguhnya orang yang menipu dirinya tidak bisa menasihati manusia. Dan siapa yang tidak ada kebaikan pada dirinya, maka tidak ada pula kebaikan untuk yang lainnya. Siapa yang Allah Subhanahu wa Ta’ala beri taufiq, maka Allah Subhanahu wa Ta’ala akan meluruskan jalannya. Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, maka Allah Subhanahu wa Ta’ala akan menolong dan membantunya.”

Abu Bakr Al-Ajurri rahimahullahu berkata:
“Jika seseorang berkata: ‘Jika seseorang yang telah diberi ilmu oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala, lalu ada seseorang datang kepadanya bertanya tentang masalah agama, lalu mendebatnya; apakah menurutmu dia perlu mengajaknya berdialog agar sampai kepadanya hujjah dan membantah pemikirannya?’
Maka katakan kepadanya: ‘Inilah yang kita dilarang dari melakukannya, dan inilah yang diperingatkan oleh para imam kaum muslimin yang terdahulu.’
Jika ada yang bertanya: ‘Lalu apa yang harus kami lakukan?’
Maka katakan kepadanya: ‘Jika orang yang menanyakan permasalahannya kepadamu adalah orang yang mengharapkan bimbingan kepada al-haq dan bukan perdebatan, maka bimbinglah dia dengan cara yang terbaik dengan penjelasan. Bimbinglah dia dengan ilmu dari Al-Kitab dan As-Sunnah, perkataan para shahabat dan ucapan para imam kaum muslimin. Dan jika dia ingin mendebatmu, maka inilah yang dibenci oleh para ulama, dan berhati-hatilah engkau terhadap agamamu.’
Jika dia bertanya: ‘Apakah kita biarkan mereka berbicara dengan kebatilan dan kita mendiamkan mereka?’

Maka katakan kepadanya: ‘Diamnya engkau dari mereka dan engkau meninggalkan mereka dalam apa yang mereka bicarakan itu lebih besar pengaruhnya atas mereka daripada engkau berdebat dengannya. Itulah yang diucapkan oleh para ulama terdahulu dari ulama salafush shalih kaum muslimin." (Lammud Durr, Jamal Al-Haritsi hal. 160-162)

Civil Twilight – Holy Weather (2012)

Civil Twilight – Holy Weather (2012)

Membaca karakter dari Wajah Bentuk Wajah

Panjang dan tirus: orang yang memiliki bentuk muka seperti ini umumnya sabar dan memiliki keteguhan hati. Ia juga memiliki pribadi menarik dan tidak suka bekerja setengah-setengah.

Bulat: Bentuk muka bulat menandakan orang yang penuh dengan vitalitas dan harapan. Ia suka menjadi pusat perhatian dan mampu mengubah suasana kaku menjadi suasana yang penuh gelak tawa.

Lebar: Ia sangat tolerir, mudah jatuh iba, serta memiliki wawasan yang luas.

Persegi: Sifatnya individualis dan memiliki keinginan yang kuat dalam mencapai mimpinya. Pemilik wajah seperti ini termasuk orang yang tidak bisa diam dan cekatan.

Dahi

Licin: Tipe orang yang pemikir dan cepat mengambil keputusan.

Berkerut: Bila kerutan yang tampak berupa garis-garis horisontal, hal ini menunjukkan orang tersebut mudah marah dan memiliki antusiasme yang tinggi.

Mata

Novel, lirik lagu, dan puisi selalu menuliskan tentang mata yang kerap diibaratkan sebagai jendela jiwa seseorang. Mata tidak pernah berbohong dan selalu menerjemahkan bagaimana perasaan yang paling dalam dari seseorang.

Tegang: Bila terdapat bagian putih mata di antara iris atau selaput pelangi dan bagian bawah kelopak mata pada kedua mata, menunjukkan orang tersebut tertekan dan khawatir.

Menantang: Bila bagian putih terlihat di bagian atas iris, berarti selain tertekan orang tersebut juga galak.

Terpisah: Bila bagian putih tampak di sekeliling iris, lebih baik hindari orang ini. Soalnya, hal itu menunjukkan orang tersebut tidak stabil secara kejiwaan dan gampang marah.

Garis-garis: Bila tampak garis-garis kecil di bagian luar mata, orang tersebut termasuk tipe yang ramah, mudah tersenyum, dan cenderung selalu merasa bahagia.

Alis

Alis mata dapat menjadi indikator yang menarik mengenai cara berpikir seseorang.

Lurus: Alis mata yang horizontal menunjukkan tipe orang yang penuh dengan gagasan. Mereka senang berdebat.

Lengkung: Bila memiliki alis mata yang melengkung, orang tersebut termasuk tipe orang yang memiliki rasa humor yang tinggi.

Tipis: Termasuk tipe orang yang kurang percaya diri, terutama bila alis mata agak ke atas dan melengkung.

Menyambung: Bila melihat orang dengan alis mata yang menyambung, berarti Anda berhadapan dengan seorang pemikir dan Anda dapat mengambil manfaat dengan memberikan semangat kepada mereka untuk membagi gagasan-gagasannya.

Kelopak Mata

Kecil: Bila jarak antara bagian atas kelopak mata dan bulumata sangat dekat, menunjukkan orang tersebut mandiri dan dapat menjaga jarak dengan orang lain.

Lebar: Kelopak mata yang lebar merupakan tanda sang pemilik memiliki sifat tidak mandiri.

Hidung

Kecil: Orang yang berhidung kecil umumnya memiliki pembawaan lemah, sering tidak dapat diandalkan, dan pikirannya gampang berubah-ubah.

Besar: Hidung besar menandakan orang yang mempunyai inisiatif, mantap, serta memiliki karakter yang kuat.

Pesek: Hidung yang besar tetapi pesek, biasanya pembawaannya tidak kaku dengan sekelilingnya. Pragmatis, hanya percaya pada dirinya sendiri, mudah bergaul, dan berani.

Mancung: Biasanya bersifat terus terang, kendati kadang agak pedas bila berbicara. Mengagumi diri sendiri, susah mengambil keputusan, dan peka.

Telinga

Kecil: Biasanya merasa tidak aman tetapi pada umumnya tahu apa yang mereka inginkan. Mereka juga termasuk jenis pekerja keras.

Tajam: Bersifat kaku dan tidak santai.

Telinga yang berambut: Pemiliknya bersifat cermat dan teliti. Waktu dan tenaganya habis untuk hal-hal yang tidak penting.

Dagu & Rahang

Rahang persegi: Bersifat keras dan memiliki kemampuan untuk membuat impian-impiannya menjadi kenyataan.

Dagu yang menonjol keluar: Merasa dirinya penting dan selalu benar. Menurut pendapatnya, tidak seorang pun yang benar kecuali dirinya.

Pipi

Pipi yang bentuknya bagus: Merupakan ciri-ciri dari sifat yang cekatan, berenergi, percaya diri dan dapat menerima kesalahan orang lain.

Lesung pipi: Selain membuat orang tersebut menjadi menarik, lesung pipi juga merupakan simbol keserasian dari pemiliknya.

Bibir

Tebal: Bersifat murah hati dan senang membicarakan tentang dirinya sendiri.

Tipis: Bila bentuk bibirnya tipis dan bulat, merupakan tanda dari kepribadian yang tertutup dan peka.

Bibir atas tipis dan bibir bawah tebal: Menunjukkan tipe orang yang persuasif.